:)

Selasa, 16 Oktober 2012

asimo - robot canggih




ASIMO (アシモ ashimo?) adalah robot humanoid yang dibuat oleh Honda. Dengan tinggi 130 sentimeter dan berat 54 kilogram, penampilan robot ini menyerupai seorang astronot dengan baju astronotnya yang membawa ransel. ASIMO dapat berjalan dengan dua kaki dengan gaya berjalan yang menyerupai manusia hingga kecepatan 6 km/jam. ASIMO diciptakan pada Pusat Penelitian dan Pengembangan Honda Pusat Penelitian Teknik Fundamental Wako di Jepang. Model yang sekarang merupakan versi sebelas, semenjak dimulainya proyek ASIMO pada 1986.
Menurut Honda, ASIMO merupakan akronim untuk "Advanced Step in Innovative MObility"(Langkah besar dalam pergerakan inovatif). Pernyataan resmi Honda tersebut bertentangan dengan persepsi umum yang mengira bahwa kata "ASIMO" berasal dari nama penemu Tiga Hukum Robotik,Isaac Asimov. Selain itu, dalam bahasa Jepang, pelafalan "ashimo" bisa berarti "kaki juga" (dari bahasa Jepang "脚も").

                      



perkembangan robot asimo 2012-Asimo merupakan robot yang dibuat oleh perusahaan HONDA. Dengan tinggi sekitar 130cm dan berat 50kg, robot ini diharapkan akan menyerupai manusia. Asimo adalah proyek honda sejak 1986 yang merupakan singkatan dari "Advanced Step in Innovative MObility"  yang artinya langkah besar dalam pergerakan inovatif. Dengan ciri fisik memakai baju astronot dan memakai ransel, asimo diharapkan menjadi robot yang humonoid. Hingga tahun ini, proyek asimo masih berjalan dan menunjukkan kemajuan yang signifikan.

Robot Asimo mengembangkan banyak sekali fiture gerakan yang dapat dilakukan. Diantanya adalah:
  1. Pengenalan atas benda bergerak
  2. Pengenalan postur dan gerak
  3. Pengenalan lingkungan
  4. membedakan suara
  5. Pengenalan wajah.
Perkembangan robot asimo 2012 sendiri menambah fitur lainnya. Lebih lengkap dan lebih majuu dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Silahkan lihat video berikut:

Dalam video yang berdurasi sekitar 9,48 menit tersebut di tunjukan berbagai kepintaran robot humanoid Asimo pada tahun 2012. Berbagai kepintaran dan perkembangan robot Asimo 2012:
  • Dapat berjalan dengan menghindari orang yang lewat di depannya tanpa menabrak orang
  • Dapat berjalan di permukaan yang tidak rata
  • Mengenali kata dari beberapa orang yang berbicara secara bersamaan
  • Menyambut pengunjung dan memimpin jalan sambil melakukan tugas lain 
  • Bahasa isyarat menggunakan lengan dan jari-jari tangan, Asimo dapat memperkenalkan diri
  • Melakukan tugas dengan menggunakan lengan dan multi-jari tangan, Asimomembuka tutup / menuangkan minuman ke dalam cangkir 
  • Dapat berlari dengan kecepatan 9km/jam
  • Asimo dapat merubah berbagai gerakan dengan mulus (seperti menarienergic)
  • Dapat mengakat satu kaki dan melakukan gerakan memutar dengan melonjak-lonjak
  • Dapat juga mengangkat kedua kaki/ melompat dan melakukan gerakan memutar
  • Menendang bola dengandengan keras


Dari berbagai spesifikasi diatas, membuktikan bahwa Asimo salah satu robot humanoid yang mengalami perkembangan yang sangat luar biasa. Kita jadi berpikir, apakah di masa depan akan ada robot-robot buatan manusia seperti di film-film robot? Kita tunggu saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar